468x60 Ads

Minggu, 28 Oktober 2012

Membuat Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal pada OpenGL

TUGAS 
GRAF DAN PENGOLAHAN CITRA


Membuat Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal pada OpenGL.

dalam tugas ini akan di jelaskan bagaimana cara untuk membuat garis dalam OpenGL, garis yang akan di buat adalah garis Vertical, Horizontal, Diagonal.
GARIS VERTICAL


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 Berfungsi untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang. dalam pemilihan warna ini saya menggunakan warna hitam dengan frekuensi warna nol.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
berfungsi untuk mengkonfirmasi kembali warna yang akan digunakan sebagai background.
glPushMatrix ();
berfungsi untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);//

Pengaturan dan pemilihan warna background sudah di tentukan.
step pertama dalam membuat garis diwali dengan glBegin(GL_LINES).
glBegin(GL_LINES). 
dimana kita memnentukan titik awal dan akhir pada garis terlebih dahulu  glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah  titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah titik akhir.
glEnd(); untuk mengakhiri penggambaran garis di titik akhir
glPopMatrix(); untuk menonaktifkan baris kode bagian luar.
OUTPUT




GARIS HORIZONTAL



g
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 Berfungsi untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang. dalam pemilihan warna ini saya menggunakan warna hitam dengan frekuensi warna nol.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
berfungsi untuk mengkonfirmasi kembali warna yang akan digunakan sebagai background.
glPushMatrix ();
berfungsi untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);
berguna untuk menentukan warna garis /titik.
glColor(1,1,1)
perintah ini juga berguna untuk menentukan warna garis/titik.
Dengan diawali perintah  glBegin(GL_LINES); sebuah penggambaran garis akan dilakukan. 
Dimana titik glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 1.0f); perintah untuk menyatakan titik awal penggambaran garis d an perintah glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menyatakan titik akhir penggambaran garis. Sementara glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); yang ditulis sebelum perintah titik awal dan perintah titik akhir adalah pemilihan warna garisnya.
glEnd(); untuk mengakhiri penggambaran garis di titik akhir
glPopMatrix(); untuk menonaktifkan baris kode bagian luar.

Perbedaan dari cara membuat garis horisontal adalah koordinat dari titik awal dan akhiir pada GL_LINES.

OUTPUT 





GARIS DIAGONAL




glBegin(GL_LINES);Dan untuk permulaan titik dinyatakan dengan perintah glVertex3(0,0,-0.); sementara untuk akhir titik penggambaran dinyatakan dengan perintah glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
dari setiap garis yang membedakan hanyalah penentuan koordinat pada titik awal dan titik akhir Vertex, dimana dengan koordinat inilah kita dapat menentukan garis2 yg diinginkan.


OUTPUT

KESIMPULAN

dalam pembuatas garis yang paling di utamakan adalah menentukan koordinat dari vertex awal dan akhir, karna garis akan tercipta dari kedua vertex tersebut.


GANDA DANI ROZKY NGARBINGAN
3KA32
12110945

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.