Teknologi
informasi saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Masyarakat
mengenal dan merasakan langsung manfaat dari perkembangan teknologi informasi
pada kehidupannya. Bisnis adalah salah satu bagian hidup masyarakat yang sangat
terpengaruh perubahan teknologi informasi. Teknologi informasi menjadi sangat
penting dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu industri dalam bisnis.
Contoh dari teknologi informasi yang sangat memperngaruhi bisnis adalah
penggunaan internet, komputer, telekomunikasi, satelit, dsb. Teknologi
informasi membuat pekerja dalam suatu industri dapat berkomunikasi dan
menyelesaikan pekerjaanya tanpa harus bertatap muka sehingga perusahaan dapat
mencapai hasil yang produktif dangan cara yang lebih efisien.
Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, perusahaan dapat tertinggal dari
pesaingnya apabila tidak menguasai atau menerapkan teknologi informasi dalam
industrinya.
Perusahaan harus mengeluarkan
modal yang tidak kecil untuk menerapkan teknologi informasi di perusahaannya.
Tetapi karena saat ini penggunaan teknologi informasi dapat menjadi salah satu
parameter keunggulan suatu perusahaan, harga yang dibayar tersebut memiliki opportunity cost yang sebanding. Namun
bagi sebagian perusahaan menganggap bahwa penggunaan teknologi informasi
terhadap perkembangan bisnis suatu perusahaan itu tidaklah penting, melainkan
manajemennya yang harus dibenahi. Teknologi informasi juga dapat digunakan
untuk membantu kinerja perusahaan dalam meningkatkan kecepatan integrasi pengetahuan
dan aplikasinya dengan mengumpulkan atau mengotomatiskan kegiatan-kegiatan
rutin organisasi, sehingga meringankan kerja para karyawan. Maka, seiring
dengan bertambahnya nilai perusahaan, perusahaan menggunakan teknologi
informasi baik internet, seperti email, dan papan buletin elektronik,
intranets, database, sistem manajemen data elektronik dan juga sistem manajemen
pengetahuan untuk meningkatkan sharing pengetahuan di antara para
karyawannya.
Pada beberapa perusahaan, segala
informasi dan pengetahuan dikodifikasi dan dikumpulkan dalam database
sehingga mudah diakses dan digunakan oleh siapapun di dalam perusahaan. Dalam
bagian pergudangan dan produksi, teknologi informasi dapat digunakan untuk
mengontrol jumlah barang yang dihasilkan dan jumlah barang yang keluar,
sehingga ddata yang ada dapat lebih mudah diakses dan teliti.
Source: http://www.smeadvisor.com/2013/01/aligning-it-with-business/it-business/
|
|
Dalam bidang
pemasaran teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran.
Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi seperti promosi produk
via internet, penjualan barang secara online,
dan penyedia jasa customer service
online. Contohnya adalah perusahaan Amazon yang menjual buku dengan pemesanan online. Perusahaan ini menggunakan
aplikasi Costumer relationship management(CRM),
sehingga perusahaan ini memiliki keunggulan kompetitif dari pesaingnya.
Aplikasi tersebut dapat menbantu mengelola hubungan perusahaan dengan
pelanggannya, sehingga perusahaan tersebut lebih kompetitif dibanding
pesaingnya. Hal ini akhirnya berpengaruh pada kinerja perusahaan yang lebih
efektif dan efisien. Di Indonesia saat ini sudah banyak situs-situs yang
menjual barangnya secara online dan
menyediakan costumer service secara online pula. Umumnya perusahaan yang
berkembang dan memfokuskan diri pada pelanggan akan lebih peka terhadap
perubahan teknologi informasi.
Dalam bidang
manajemen karyawan, teknologi informasi mempermudah manajer untuk mencari
informasi tentang karyawannya. Pemberian gaji karyawan juga lebih mudah karena
bisa langsung dikirim lewat rekening. Manager dapat mengadakan pertemuan atau
rapat sewaktu-waktu tanpa harus bertemu secara langsung contohnya dengan video converence. Pengiriman proposal
atau tugas dari karyawan ke manajer menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan email
sebagai sarana pengirim pesan. Manajemen keuangan juga menjadi lebih mudah
untuk dikontrol. Dengan menggunakan software untuk keuangan dan akuntansi
pencatatan arus keluar masuk uang lebih mudah terkontrol dan mudah untuk di
akses serta lebih efisien. Pencatatan keuangan juga lebih praktis karena tidak
membutuhkan buku untuk pencatatan secara manual.
Contoh:
·
Perusahaan
Amazon yang menjual buku dengan pemesanan online.
Perusahaan ini menggunakan aplikasi Costumer
relationship management(CRM), sehingga perusahaan ini memiliki keunggulan
kompetitif dari pesaingnya.
·
Perusahaan Sony Computer Entertaiment America yang
memiliki layanan Customer Support dengan Chat Online Support 24 Jam, sehingga perusahaan ini dapat melayani customer dengan cepat dan mudah serta
dapat meningkatkan aftersales service-nya
Keunggulan:
- · Teknologi informasi membuat pekerja dalam suatu industri dapat berkomunikasi dan menyelesaikan pekerjaanya tanpa harus bertatap muka sehingga perusahaan dapat mencapai hasil yang produktif dangan cara yang lebih efisien
- · segala informasi dan pengetahuan dikodifikasi dan dikumpulkan dalam database sehingga mudah diakses dan digunakan oleh siapapun di dalam perusahaan.
Kerugian:
- · Perusahaan harus mengeluarkan modal yang tidak kecil untuk menerapkan teknologi informasi di perusahaannya.
Kesimpulan:
Tidak salah lagi jika pada saat ini peran perkembangan
teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis. Perkembangan
teknologi informasi dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan
aktivitas bisnis. Namun selain memberikan kemudahan, teknologi informasi dapat
disalah gunakan untuk hal yang kurang baik. Oleh karena itu dalam penggunaannya
harus dilakukan secara bijak tanpa harus merugikan orang lain.
0 komentar:
Posting Komentar